Tabel yang memiliki kolom
dengan ukuran yang sama akan terlihat rapi dan terstruktur, pembaca pun akan
dengan mudah memahami isi dari data yang disajikan, biasanya orang akan membuat
tabel menggunakan Excel maupun secara online yaitu menggunakan Spreadsheet.
Microsoft Excel
Merupakan perangkat
lunak / software pengolah angka, Excel sangat membantu terutama pada bidang
keuangan atau accounting, dengan menggunakan Excel kita dapat dengan mudah
mengolah data-data keuangan dengan memanfaatkan fungsi-fungsi yang terdapat
pada software tersebut.
Saat kita membuat
tabel di Microsoft Excel maupun di Spreadsheet perlu adanya optimasi agar tabel
yang dihasilkan dapat mudah dibaca dan dipahami juga terlihat menarik bagi
pembaca. Untuk itu kita harus tau cara mengatur tabel di excel agar rapi dan tidak berantakan.
Permasalahan yang
terjadi jika membuat tabel yang pada excel maupun spreadsheet adalah kita tidak tau cara mengatur ukuran kolom secara otomatis, sehingga kita melakukannya secara manual dan berharap ukurannya sama persis namun pada nyatanya masih terlihat perbedaan
ukurannya walaupun tidak terlihat secara signifikan, namun pada orang yang perfeksionis hal kecil itu sangat mengganggu, mungkin anda
mengalaminya?.
Tenang, kamu berada
pada halaman yang tepat, disini saya akan memberikan tips cara mengatur tabel
agar ukurannya sama di excel maupun di spreadsheet. Nah untuk contoh saya buat
tabel terlebih dahulu untuk bahan percobaannya ya.
Cara Mengatur Ukuran Tabel di Excel
Untuk kamu bisa pake tabel pada gambar dibawah ya atau kamu pakai tabel
kamu sendiri. Untuk cara mengatur ukuran tabel di excel, caranya hampir sama
dengan Cara Mengatur Tabel Di Word Agar Sama, Tidak Terpotong Dan Rapi.
Cara mengatur ukuran tabel di Excel menggunakan tabel row height dan table columns width
Dalam mengatur ukuran
tabel di Excel kita manfaatkan fitur-fitur yang telah disediakan, jadi ga perlu
ribet dan pusing-pusing sekali klik langsung jadi. Nah berikut adalah cara mengatur ukuran tabel di Excel agar sama
menggunakan tabel row height dan table columns width :
- Seleksi kolom yang ingin diatur ukurannya
- Pada menu Home pilih Format
- Atur Row Height dan Columns Width sesuai dengan keinginan
- Lihat pada gambar
Row Height disini
adalah untuk mengatur ukuran baris, sedangkan Columns Width adalah untuk
mengatur ukuran panjang kolomnya, kamu tinggal memasukan ukuran yang pas atau sesuai dengan keinginanmu, nah lalu bagaimana dengan mengatur ukuran tabel
dispreadsheet?.
Cara Mengatur Ukuran Tabel di Spreadsheet
Dalam spreadsheet
mengubah ukuran baris dan kolomnya tidak jauh berbeda dengan yang ada di excel, sebenarnya
sangat mudah, tinggal klik kanan nomor baris atau huruf kolom dan pilih ubah
ukuran.
Mungkin masih bingung ya?, nomor baris yang mana?, huruf kolom yang mana?. Nomor baris biasanya berada di kiri, merupakan deret angka dari 1,2,3,4 dst. Sedangkan huruf kolom adalah huruf yang berada pada bagian atas dimulai dari A, B,C dst.
Masih belum ketemu?. Tenang, saya berikan gambar
supaya kamu tidak bingung, berikut adalah cara mengatur ukuran tabel di spreadsheet
:
- Masuk ke spreadsheet
- Klik kanan nomor baris atau huruf kolom
- Pilih ubah ukuran
- Atur ukuran sesuai dengan keinginan
- Klik OK
Sebenarnya dari pihak Excel sudah menyediakan fitur-fitur yang sangat membantu dan mempercepat kegiatan kita, mungkin kita saja yang masih belum tau dan belum memanfaatkannya secara maksimal,
Cara Mengatur Tabel di Excel Agar Rapi dan Tidak Berantakan
Setelah mengatur ukuran tabel di Excel dan Spreadsheet kita juga perlu mengatur konten yang ada pada tabel, agar tabel yang dihasilkan terlihat lebih rapi dan tidak berantakan, sehingga terlihat menarik oleh pembaca.
Yang pertama kita warnai pada bagian header, header pada contoh tabel tadi adalah no, nama kegiatan, waktu dan penanggung jawab. Untuk mempercantik tabel kita warnai dengan warna yang cerah, itu seperti kita memberikan penekanan, sehingga pembaca akan membaca header terlebih dahulu.
Yang kedua adalah mengatur aligment pada tabel, kamu bisa mengatur sesuai dengan keinginanmu, bisa rata kanan, rata tengah dan sebagainya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu. Itu membuat tulisan lebih mudah untuk dibaca.
Penutup
Selesai sudah pembahan kita pada artikel ini, itulah Cara Mengatur Ukuran Tabel Di Excel Agar Sama Rapi dan Tidak Berantakan, jika masih bingung silakan tanyakan pada kolom komentar ya, semoga membantu.



Komentar
Posting Komentar